Penghapusan Bangsa malayu Filipina - #3juta Nyawa Terkorban.

*Antara Kejahatan Perang Paling Keji yang Pernah Dilakukan Tentera #Amerika di Asia Tenggara.
Sejarah setengah abad terakhir Filipina bercampur dengan kejahatan perang Amerika (1899-1902).
Perang Filipina-Amerika adalah antara Republik Filipina Pertama dan Amerika Syarikat yang terjadi antara 1899 sampai paling tidak 1902. Perang ini terjadi karena perjuangan politik Filipina yang menentang pendudukan AS terhadap Filipina, perang ini dimulai pada tanggal 2 februari 1899.
Meskipun konflik ini diumumkan berakhir pada 1902, pasukan kolonial Amerika tetap melanjutkan permusuhan terhadap sisa-sisa Angkatan Bersenjata Filipina dan kelompok penentang lainnya sampai 1913.
Pada tahun 1901, Amerika menyerang Filipina lagi, selain membunuh Jutaan warga sipil, AS juga mencuri kekayaan Filipina kala itu. Saat ini, Presiden Filipina menuntut AS untuk mengembalikan barang curian yang telah dibawa pada tahun 1901, termasuk loceng.
gong bersejarah dan artifak2 lama.
Perang 1901 disebut ahli sejarah dengan operasi paling jahat penjajahan AS.
Dalam perang tersebut, para pejuang kemerdekaan terbunuh ditangan AS dan Jutaan rakyat Filipina mati karena kelaparan, penyakit dan Pembantaian. Barang bersejarah kota Balangiga juga mereka curi tanpa sisa.
**The Balingiga Massacre Peperangan Filipina-America .
Pada masa perang Spanyol-Amerika tahun 1898, pasukan Amerika menangkap warga Filipina yang berjuang melawan pendudukan dua negara tersebut.
Maka terjadilah perang Filipina-Amerika, sebuah pertempuran hebat di tengah hutan. Setelah banyak korban Amerika berjatuhan akibat pemberontak Filipina di Provinsi Samar, Jendral Jacob H. Smith membalas dendam kepada masyarakat biasa.
la mengatakan...
"Aku tidak ingin ada tahanan. Aku mau kalian semua membunuh dan membakar. Semakin banyak kalian membunuh dan membakar, maka kalian akan semakin menyenangkan aku."
Pasukan Jendral Smith kemudian mulai melakukan kampanye genosida di desa-desa. Ia memerintahkan siapa saja yang berusia di atas 10 tahun dan mampu membawa senjata untuk dieksekusi, dan menggiring ribuan orang lainnya ke kamp konsentrasi.
Setidaknya ratusan ribu orang Filipina dibunuh dalam peperangan itu dan 200 ribu orang lainnya meninggal di kamp konsentrasi akibat kolera.
Hampir sejuta lagi dibunuh kejam Di kepulauan Luzon termasuk wanita dan Kanak2.
Buku Rujukan👇
E. Ahmed’s wrote “The Theory and Fallacies of Counter-Insurgency, ” The N ation, August 2, 1971.“the bloodiest colonial war (in proportion to population) ever fought by a white power in Asia; it cost the lives of 3,000,000 Filipinos.”
https://britsinthephilippines.top/philippines-genocide-…/…/

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

P2 bab 3

BEPANG DAN SEJARAH KULINARI

PULAU DUYUNG ADALAH LIDAH NEGERI TERENGGANU